Minggu, 17 Januari 2016

Pengertian umum Sumber Daya Alam (SDA) Serta Jenis dan Sumber SDA

Sebelum membahas Jenis dan Sumber SDA (sumber daya alam) baiknya mengetahui Apa itu SDA. Secara umum Pengertian Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yang bersumber dari alam untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber Daya Alam merupakan kekayaan alam baik itu benda mati maupun benda hidup yang berada di alam atau bumi yang bermanfaat bagi kita semua. Yang termasuk sumber daya alam adalah komponen biotik dan abiotik. komponen biotik seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, sedangkan komponen abiotik meliputi gas alam, tanah, jenis logam, air, dan minyak bumi. Sumber Daya Alam sangat bermanfaat bagi manusia tetapi dengan eksploitasi sumber daya alam semakin berkurang. 

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam (SDA)
Dibumi sendiri terdapat beragam bentuk dan jenis dari sumber daya alam. Oleh karena itu sumber daya alam dikelompokkan/diklasifikasikan dalam beberapa jenis antara lain sebagai berikut... 

1. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Kemungkinan Pemulihannya
Sumber Daya Alam yang Selalu Ada, adalah sumber daya yang tidak pernah habis. karena mengalami siklus sepanjang masa, misalnya energi sinar matahari, udara, energi pasang surut air laut, dan sumber daya air. 
Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui, adalah sumber daya yang jika habis tidak dalam waktu yang lama dan cepat tersedia kembali baik dengan reproduksi atau pengembangbiakan. Seperti hewan dan tumbuhan. 
Sumber Daya Alam yang tidak dapat Diperbaharui, adalah sumber daya yang sulit atau bahkan tidak bisa menyediakannya kembali karena membutuhkan waktu yang sangat lama dan bahkan sampai jutaan tahun, seperti barang-barang tambang. 

2. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Jenisnya
Sumber Daya Alam Hayati/Biotik, adalah sumber aya yang berupa makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, mikroba dan manusia
Sumber Daya Alam Nonhayati/Abiotik, adalah sumber daya alam fisik yang berupa benda-benda mati. Seperti barang tambang, kincir aingin, air dan tanah. 


3. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Kegunaan atau Penggunaannya
Sumber Daya Alam Penghasil Bahan Baku, adalah sumber daya alam yang digunakan untuk menghasilkan benda atau barang lain denga nilai guna yang tinggi. 
Sumber Daya Alam Penghasil Energi, adalah sumber daya alam sebagai penghasil energi untuk kebutuhan manusia. Salah satunya sinar matahari yang memancarkan energi untuk manusia. begitu juga dengan arus air yang digunakan sebagia penghasil energi dalam penggerak turbin pembangkit listrik. 

4. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Nilai Kegunaannya atau Sumber Daya Ekonomis
Sumber Daya Alam Ekonomis Tinggi, adalah sumber daya alam yang didapatkan dengan biaya yang besar. Seperti mineral-mineral logam mulia contohnya intan, perak dan emas. 
Sumber Daya Alam Ekonomis Rendah, adalah sumber daya alam yang didapatkan dengan biaya yang cukup murah dan tersedia dengan jumlah yang cukup banyak. Seperti bahan-bahan bangunan. Contohnya batu, gamping dan pasir. 
Sumber Daya Alam Nonekonomis, adalah sumber daya alam yang didapatkan tanpa mengeluarkan biaya, tanpa pengorbanan yang tersedia dalam jumlah yang tidak terbatas. Contohnya sinar matahari, suhu, udara, dan angin. 

Demikianlah artikel mengenai Sumber Daya Alam (SDA) beserta Jenis dan Sumber SDA. Semoga sobat sekalian dapat menerima dan mengambil manfaat dari pengertian sumber daya alam, jenis-jenis sumber daya alam dan sumbernya. Sekian dan terima kasih.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments


EmoticonEmoticon