Pengertian Umum Globalisasi, Modernisasi dan Westernisasi serta perbedaannya

by dwi , at 05.48 , has 0 komentar

Istilah globalisasi berasal dari bahasa Inggris dari kata global yang berarti universal dan lization yang berarti proses. Jadil arti globalisasi menurut istilah adalah sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru baik itu informasi, pemikiran, gaya hidup, maupun teknologi secara mendunia. Terjadinya globalisasi ditandai dari adanya proses batas suatu negara menjadi semakin sempit atau memudar karena kemudahan berinteraksi dengan negara baik itu dengan pertukaran informasi, perdagangan, gaya hidup, dan bentuk interaksi yang lainnya. 
Secara Umum, Pengertian Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia dimana individu tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah yang semakin sempit.
Globalisasi selain dari pengertian diatas, terdapat juga pendapat para ahli antara lain sebagai berikut.
  • Achmad Suparman: Pengertian Globalisasi menurut Achmad Suparman bahwa globalisasi adalah suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah. 
  • Selo Soemardjan: Pengertian globalisasi menurut Selo Soemardjan adalah sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama. 
Pengertian Modernisasi adalah suatu bentuk perpindahan dari kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik untuk tercapainya kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang dan makmur.
Modernisasi merupakan proses perubahan dari cara tradisional ke cara baru yang lebih maju untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Lahirnya modernisasi merupakan dari hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Tingkat teknologi  dalam membangun modernisasi sangat dirasakan dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat dari kota metropolitan sampai ke desa-desa terpencil. 
Modernisasi banyak menjadi perhatian para ahli yang mengemukakan pendapatnya dalam pengertian para ahli. Seperti menurut Widjojo Nitisastro, dan Soerjono Soekanto, berikut pendapatnya... 
  • Widjojo Nitisastro: Pengertian Modernisasi menurut Widjojo Nitisastro adalah suatu transformasi total dan kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasisosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis. 
  • Soerjono Soekanto: Pengertian Modernisasi menurut Soerjono Soekanto yang mengatakan bahwa modernisasi adalah suatu bentuk dan perubahan sosial yang terarah berdasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning.

Pengertian Westernisasi adalah sebuah proses dimana masyarakat berada atau mengadopsi budayaBarat di berbagai bidang meliputi dari, politik, industri, teknologi, ekonomi, hukum, gaya makanan, pakaian, agama, bahasa, dan nilai-nilai. 
Westernisasi merupakan sebuah arus besar yang mempunyai jangkauan politik, sosial, kultural dan teknologi. Westernisasi perwujudan dari konspirasi kristen-Zionis-kolonis terhadap umat Islam. Dengan adanya westernisasi maka kehidupan bangsa terutama umat Islam didunia mejadi kebarat-baratan. Konsep westernisasi bersifat materialistik dan modernisasi. Westernisasi dapat artikan sebagai kebebasan penuh.
Adapun pendapat para ahli mengenai pengertian westernisasi adalah sebagai berikut...
  • Arif Furtonutely: Menurut Arif Furtonutely, bahwa pengertian westernisasi adalah arus besar dalam dimensi politik, sosial, kultur, budaya, pengetahuan dan seni untuk mengubah karakter kehidupan bangsa-bangsa di dunia secara umum dan negara-negara Islam khususnya menjadi paham-paham Barat. 
  • Eka Gunawan: Pengertian Westernisasi menurut Eka Gunawan dalam bukunya Modernisasi, Westernisasi, Sekuiarisasi bahwa pengertian westernisasi adalah sebagai suatu proses peniruan oleh suatu masyarakat/Negara tentang kebudayaan Negara-negara barat yang dianggap lebih baik dari pada kebudayan negara sendiri. 
 
Perbedaan Globalisasi, Modernisasi & Westernisasi
  • Globalisasi: peningkatan kesalingketergantungan antar negara di dunia, tidak ada satupun negara yang dapat hidup sendiri tanpa dengan adanya bantuan negara lain. 
  • Modernisasi: mengubah cara berpikir dari tradisional dan irrasional menjadi cara berpikir yang rasional, efisiensi dan praktis.
  • Westernisasi: berada kepada proses identifikasi dan imitasi budaya barat.
Demikianlah artikel singkat tentang Pengertian, Perbedaan Globalisasi, Modernisasi dan Westernisasi. Semoga bermanfaat artikel tentang pengertian globalisasi, modernisasi, dan westernisasi ini Sekian dan terima kasih.
dwi
About
Pengertian Umum Globalisasi, Modernisasi dan Westernisasi serta perbedaannya - written by dwi , published at 05.48, categorized as Sosiologi . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger