Senin, 25 April 2016

Keuntungan dan Kekurangan Letak Geografis Indonesia dampak bagi negara

Membahas mengenai pengaruh/dampak keuntungan letak geografis dan kekurangan letak geografis Indonesia, Letak Geografis adalah letak suatu negara yang dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis Indonesia memberikan banyak dampak yang berakibat bagi negara Indonesia. Dampak letak geografis ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan bagi Indonesia antara lain sebagai berikut.

Secara geologis, Indonesia bisa dikategorikan sebagai sebuah Negara yang teretak diantara lempengan bumi dan juga dangkalan laut. Indonesia, secara geologis terletak diantara tiga lempengan bumi, yaitu lempeng pasifik, lempeng Eurasia, dan juga lempeng Australia.Selain itu dari segi peairan, Indonesia terletak diantara dua buah dangkalan, yaitu dangkalan Sahul dan juga dangkalan Sunda. Yang dimaksud dengan dangkalan adalah sebuah wilayah laut yang dangkal, yang mana menghubungkan wilayah dantara dua daratan besar.

Dangkalan sunda berada pada wilayah barat Indonesia, yang mencakup pulau Jawa, Pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, Madura dan juga Bali. Sedangkan dangkalan sahul merupakan dangkalan yang berada pada sisi timur Indonesia, yang berhubungan langsung dengan daratan benua Australia. Selain itu, berdasarkan letak geologisnya, Indonesia juga merupakan Negara yang dilewati oleh dua buah pegunungan terbesar di dunia, yaitu Pegunungan Mediterania dan juga Pegunungan Sirkum Pasifik.
Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat letak geologis Indonesia :
  1. Dataran tinggi dan pegunungan. Manfaat dari letak geologis Indonesia yang pertama adalah banyaknya dataran tinggi dan juga pegunungan di wilayah Indonesia. Ya, lokasi geologis Indonesia yang berada di antara dua rangkaian pegunungna terbesar di dunia ini, yaitu pegunungan Mediterania dan juga pegunungan Sirkum Pasifik, membuat Indonesia memilki banyak sekali wilayah pegunungan dan juga dataran tinggi. Hal ini juga berpengaruh kepada letak geografis dari Indonesia itu sendiri. (baca : perbedaan dataran rendah dan dataran tinggi) Banyaknya pegunungan dan juga dataran tinggi menyebabkan banyak lokasi dan juga wilayah di Indonesia yang memiliki pembagian musim cuaca dan juga suhu udara yang cenderung sejuk, meskipun berada pada iklim tropis, dan merupakan salah satu lokasi ekowisata dan juga pariwisata yang menjanjikan, terutama bagi turis yang senang akan pemandangan dan juga wisata outdoor.
  2. Tanah yang subur akibat banyaknya gunung berapi. Efek berikutnya dari lokasi geologis Indonesia adalah gunung berapi. Ya, meskipun gunung berapi seringkali dikaitkan dengan bencana alam, namun demikian ternyata gunung berapi dapat membawa berkah tersendiri. Dengan adanya gunung berapi, maka tanah-tanah yang berada di sekitar gunung berapi tersebut merupakan salah satu jenis tanah dengan unsur hara yang tinggi, alias tanah yang sangat subur. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kebanyakan budaya masyarakat Indonesia yang masih mengandalkan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, kesuburan tanah juga tentu saja sangat membantu meningkatkan pergerakan roda ekonomi nasional, maupun internasional, karena banyak hasil pertanian yang diekspor maupun dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi di dalam negeri. (baca : cara menyuburkan tanah tandus dan kering)
  3. Keanekaragaman flora dan juga fauna. Kedua lempeng yang mengapit Indonesia ini juga memilki manfaat bagi kehidupan flora dan juga faunanya. Lempeng Eurasia, merupakan lempeng yang berada pada bagian barat Indonesia, yang merupakan lempengan Negara-Negara Asia. Hal ini membuat lokasi dan wilayah Indonesia yang berada pada lempeng Eurasia memilki kesamaan dengan wilayah Asia dalam hal flora dan juga Faunanya. Sebaliknya, bagian timur Indonesia memiliki kesamaan flora dan juga fauna seperti pada benua Australia, karena berada pada lempeng Australia. Sedangkan pada wilayah Indonesia bagian tengah, memiliki beberapa hewan endemic, alias khas yang tidak ada pada wilayah Asia maupun Australia. Dengan banyaknya flora dan fauna ini, tentu saja Indonesia diuntungkan oleh letak geologisnya, yang memilki beragam flora dan fauna yang dilindungi yang mungkin tidak dimiliki oleh Negara lain di dunia.
  4. Keberagaman hasil sumber daya mineral. Tidak hanya flora dan juga fauna, kondisi dan juga letak geologis dari Indonesia itu sendiri juga sangat bermanfaat bagi para penambang dan juga pelaku industry mineral. Bagaimana tidak, kondisi lempeng dan juga geologis Indonesia sangat mendukung banyaknya sumber daya mineral seperti batu-batuan, dan juga jenis jenis sumber daya alam seperti minyak dan juga gas bumi. Dengan demikian, Indonesia sangat diuntungkan dengan adanya sumber daya alam yang sangat melimpah.
  5. Keanekaragaman laut yang melimpah. Selain flora, fauna dan juga keberagaman sumber daya alam, Indonesia pun junga dilengkapi dengan sumberdaya laut yang sangat melimpah. Hal ini juga dipengauhi oleh lokasi geologis Indonesia yang mana lautnya terdiri dari beberapa dangkalan, dan memiliiki banyak keanekaragaman laut, mulai dari hasil dan sumberdaya laut, seperti ikan dan makanan laut, hingga wisata di bawah laut, seperti diving dan juga snorkeling.
Letak geologis dari sebuah lokasi tentu saja akan memberikan keuntungan dan juga manfaat tersendiri bagi lokasi tersebut. Lokasi geologis lebih mempengaruhi sumber daya yang bisa dihasilkan oleh sebuah lokasi, terutama sumber daya alam dan juga sumber daya mineralnya. 

Keuntungan dan Kerugian Letak Geografis Indonesia 

Seperti yang kita ketahui bahwa, letak geografis Indonesia diapit dari dua benua dan dua samudra yakni benua asia dan benua australia, samudra hindia dan samudra pasifik. Letak geografis Indonesia banyak pendapat yang mengatakan letak geografis Indonesia memiliki keuntungan dan kerugian antara lain sebagai berikut.. 

Keuntungan Letak Geografis Indonesia 

Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Sosial Budaya
  • Memiliki keanekaragaman budaya baik dengan budaya lokal dan budaya asing
  • Dapat dengan mudah menyebarkan budaya Indonesia 
  • Pakaian indonesia semakin modern 
  • Adanya akulturasi budaya lokal dan budaya asing
Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Ekonomi 
  • Sebagai jalur perdagangan Internasional 
  • Penambah devisa negara
  • Sebagai destinasi pariwisata utama 
  • Perkembangan pariwisata yang pesat
  • Sebagai pusat perekonomian diantara dua benua dan dua samudra
Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Komunikasi 
  • Dituntut untuk dapat berbahasa Inggris karena merupakan jalur Internasional 
  • Indonesia dapat menguasai bahasa asing secara tidak langsung
  • Kaya akan beragam bahasa
Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Transportasi
  • Percepatan infrastruktur pada daerah-daerah 
  • Peningkatan akomodasi angkutan massal
  • Peningkatan bandara yang bertaraf Internasional
  • Peningkatan transportasi laut yang secara maksimal 
  • Peningkatan transportasi untuk tujuan wisata (bus pariwisata)

Kerugian Letak Geografis Indonesia

Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Sosial Budaya
  • Banyak budaya yang masuk membuat budaya lokal dapat terpinggirkan 
  • Banyaknyak perilaku-perilak yang tidak sesuai dengan adat istiadat Indonesia atau norma-norma Indonesia karena mengikuti dari negara luar 
  • Banyaknya perilaku dari turis asing yang membawa pengaruh buruk bagi bangsa Indonesia
  • Lahan subur dengan meningkatnya kejahatan Internasional karena Indonesia merupakan jalur perdagangan Internasional dan jalur penghubung dua benua dan dua samudra. Kejahatan internasional berupa narkotika, obat-obatan terlarang dan teroris.
Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Ekonomi 
  • Persaingan global 
  • Eksplorasi besar-besaran
  • Adanya pasar gelap (pasar ilegal)
Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Transportasi
  • Semakin padatnya lalu lintas karena jumlah imigran 
  • Semakin bersifat konsumtif terhadap kendaraan luar negeri 
  • Tersingkirnya alat transportasi tradisional
Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Komunikasi
  • Sulitnya menggunakan bahasa Asing
  • Menguasai bahasa Asing dapat mengakibatkan budaya lokal tersingkir atau tidak lagi menjadi prioritas

Demikianlah artikel singkat tentang Keuntungan dan Kekurangan Letak Geografis Negara Indonesia. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

1 komentar:


EmoticonEmoticon