Selasa, 24 Mei 2016

Manfaat Air bagi Kehidupan Manusia

Air merupakan sumber kehidupan manusia, binatang, dan tanaman. Dalam kehidupan manusia, air dipergunakan dalam semua bidang kehidupan. Dalam kegiatan rumah tangga, air dimanfaatkan untuk minum, mencuci, mandi dan kakus. Seseorang di negara maju menghasbiskan 250 liter air setiap hari, sementara di negara berkembang atau miskin, kebutuhan air per hari hanya 150 liter saja. Pada bidang industri, air merupakan bahan baku untuk proses pendinginan dan pemeliharaan pabrik. Sedangkan, air terjun dapat menggerakkan generator untuk pembangkit listrik. Dalam bidang pertanian, air diperlukan untuk irigasi. Tanpa air, tidak akan ada pertanian. Air untuk pertanian digunakan untuk irigasi. 
Air dipergunakan pula sebagai sarana transportasi, terutama bagi daerah-daerah di pedalaman yang memiliki sungai. Sarana transportasi melalui air termasuk paling mura. Air memberikan fasilitas untuk berbagai kegiatan rekreasi, seperti renang, memancing, pelayaran, dan pariwisata.
Air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada. Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selain itu, air juga dipergunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan membersihkan kotoran yang ada di sekitar rumah. Air juga digunakan untuk keperluan industri, pertanian, pemadam kebakaran, tempat rekreasi, transportasi, dan lain-lain. Penyakit-penyakit yang menyerang manusia dapat juga ditularkan dan di­sebarkan melalui air. Kondisi tersebut tentunya dapat menimbulkan wabah penyakit dimana-mana.

Manfaat Air bagi Kehidupan Manusia 
Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk:

  • Sebagai Pembangkit Listrik dalam air terjun 
  • Air dipergunakan dalam kegiatan rumah tangga. misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
  • Air digunakan Untuk mandi, mencuci, mandi dan kakus 
  • Air merupakan bahan baku dalam pendinginan dan pemeliharaan pabrik. 
  • Air dalam pertanian digunakan untuk irigasi 
  • Air digunakan dipergunakan sebagai sarana transportasi 
  • keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
  • keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
  • keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
  • keperluan peternakan
  • keperluan pelayaran dan lain sebagainya


Manfaat Air bagi Hewan 
Air adalah komponen penting dan terbesar dalam tubuh hewan. Air sangat dibutuhkan dalam berbagai fungsi biologis dan metabolisme tubuh seperti pengaturan suhu tubuh, membantu proses pencernaan, pengaturan tekanan osmose darah, transport nutrient, hormone dan zat lain yang di perlukan tubuh, pertumbuhan fetus, produksi susu dsb. Kebutuhan akan air pada hewan ternak bahkan lebih penting dibandingkan dengan kebutuhan makan

Manfaat Air bagi Tanaman :
  1. Penyusun utama protoplasma. Molekul - molekul makro dalam protoplasma seperti protein, karbohidrat, pektin dan lain - lain membentuk struktur yang unik berasosiasi dengan molekul air dalam bentuk koloid.
  2. Menjadi pelarut bagi zat hara yang diperlukan tumbuhan.
  3. Menjadi alat transpor untuk memindahkan zat hara. Bahan yang diangkut dapat berupa bahan mineral dari dalam tanah, bahan - bahan organik hasil fotosintesa, dan olahan sel lainya.
  4. Menjadi medium berlangsungnya reaksi-reaksi biokimia. Kita tahu terkadang proses reaksi terjadi dalam bentuk larutan dan air adalah pelarut yang sangat baik.
  5. Menjadi bahan dasar untuk reaksi -reaksi biokimia. Seperti pada fotosintesis, tanpa adanya air yang berperan sebagai donor elektron, fotosintesis tidak dapat berlangsung.
  6. Sebagai sistem hidrolik. Air dapat memberikan tekanan hidrolik pada sel sehingga menimbulkan turgor pada dinding sel tumbuhan. memberikan kekuatan mekanik pada jaringan-jaringan yang tidak memiliki sokongan struktur (zat kayu) pada dinding selnya, misalnya pada parenkim. Sistem hidrolik juga dapat di jumpai pada membuka dan menutupnya stomata.
  7. Stabilisasi dan pemindahan panas. Tingginya panas jenis yang dimiliki air, telah memungkinkan air berperan sebagai penyangga (buffer) dalam pengaturan panas tubuh tumbuhan. Penyerapan sejumlah besar panas (radiasi) oleh tumbuhan, hanya akan mengubah suhu tubuh sedikit saja. Sebab sebagian besar panas (radiasi) tersebut dikembalikan lagi ke lingkungannya dengan cara penguapan air dari permukaan tubuhnya.
  8. Sebagai alat gerak misalnya pada pulvinus tangkai daun pada gerak nasti. Air di dalam sel berada dalam bentuk bebas dan terikat. Keterikatan air itu dapat dengan ion atau molekul polar, terkait dengan ikatan H pada molekul lain, terikat pada koloid atau terikat secara kapiler. Air bebas terdapat pada vacuola sebagai cairan encer. Apabila tumbuhan kekurangan air, air bebaslah yang hilang lebih dulu.
Sekian artikel tentang Manfaat Air bagi bagi Penduduk Bumi semoga bermanfaat 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

6 komentar:

  1. Bingung cari situs judi online teraman dan terpercaya di Indonesia?. Mari bergabung bersama kami & nikmati bonus menarik dari kami. Hanya dengan minimal deposit Rp 20.000 saja, anda sudah memiliki peluang untuk memenangkan puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

    Menyaediakan 8 game dalam satu id
    * POKER
    * BANDAR Q
    * BANDAR POKER
    * DOMINO
    * CAPSA SUSUN
    * ADU Q
    * BANDAR 66
    * SAKONG

    keunggulan bermain di PESONAQQ :

    * Minimal deposit hanya Rp 20.000
    * Minimal tarik dana Rp 20.000
    * Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam online
    * Proses Depo & WD super cepat
    * No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
    * Bonus Referal 100% - 200%
    * Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

    Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :
    *Livechat
    * WA : +85511817618
    * BBM : 7A996166

    BalasHapus
  2. Yuk iseng Bermain game untuk mendapatkan Uang Tambahan di HobiQQ ,
    Gampang Bangett! Modal Kecil Bisa Dapat Hingga Puluhan Juta :D
    KLIK LINK : Situs HobiQQ :

    Update 9 Games Kartu Online Terbaru HobiQQ :
    Agen Poker
    Domino99
    AduQ Online
    BandarQ Terpercaya
    Capsa Susun
    Bandar Sakong
    Bandar 66
    Bandar Poker Online
    Perang Baccarat Online

    HobiQQ Memberikan 2 BONUS TERBESAR & TERBANYAK SEUMUR HIDUP :
    * BONUS ROLLINGAN (setiap 5 hari sekali)
    * BONUS REFERRAL (seumur hidup)

    Minimal Depo dan WD Hanya IDR 20.000
    Siap Menerima Transaksi 24 Jam Online , Kapanpun & Dimanapun Via :
    - Pulsa TELKOMSEL , XL & AXIS
    - BANK Swasta / BANK Daerah
    - OVO – DANA – GOPAY – LINKAJA – PAYPRO – DOKU WALLET – DLL

    Link / Loginsite PKV Games
    SAYAQQ.NET
    HOBIQQINDO.INFO
    HOBYQQ.INFO
    HOBYQQ.ORG

    :: Baca Juga : Artikel Bermanfaat :: HobiQQlounge.com

    Info / Kontak HobiQQ : https://linktr.ee/bandarpokeronline

    BalasHapus
  3. Jadi ini manfaat air, terima kasih atas penjelasannya.

    Cara beli paket premier vidio.com

    BalasHapus


EmoticonEmoticon