Senin, 23 Mei 2016

Manfaat dari Lapisan Atmosfer

Atmosfer terdiri atas lapisan, atmosfer memiliki banyak manfaat yang berfungsi dan bertujuan bagi kehidupan dibumi. Atmosfer mempunyai arti atau peran yang sangat penting bagi kehidupan, karena mengandung berbagai jenis gas seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, dan uap air. Selain itu, atmosfer berfungsi untuk melindungi bumi dari pemanasan dan pendinginan yang berlebihan dan ruang angkasa. Seandainya atmosfer tidak ada, suhu pada siang hari di permukaan bumi diperkirakan mencapai 93°C, dan pada malam hari menurun sampai -184° C. Peristiwa-peristiwa cuaca yang terjadi pada lapisan atmosfer seperti angin, hujan, awan, dan perubahan-perubahan suhu ternyata banyak mempengaruhi aktifitas manusia.
Atmosfer mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan, karena mengandung berbagai jenis gas seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida dan uap air. Selain itu, manfaat atmosfer adalah melindungi bumi dari pemanasan dan pendinginan berlebihan dari ruang angkasa.
Seandainya bumi tidak memiliki atmosfer, maka diprediksikan suhu bumi pada siang hari sekitar 93°C dan pada malam hari menurun sampai -184°C. Peristiwa-peristiwa cuaca yang terjadi di dalam lapisan atmosfer seperti angin, hujan, awan, dan perubahan-perubahan suhu ternyata banyak mempengaruhi aktivitas manusia.

Komposisi udara yang terdapat di atmosfer adalah sebagai berikut:

  1. Oksigen (O2), jumlahnya ± 21%. Zat ini sangat dibutuhkan karena semua makhluk hidup memerlukan oksigen untuk bernafas. Selain itu, oksigen dimanfaatkan pula di bidang industri dan kesehatan yang dikemas dalam tabung gas.
  2. Karbondioksida (CO2), jumlalmya tidak banyak, hanya 0,03% namun sangat penting bagi kehidupan karena unsur ini berfungsi untuk menyerap radiasi panas.
  3. Uap air, jumlahnya hanya sekitar 2% dari seluruh massa atmosfer, namun karena porses penguapan di muka bumi maka jumlah uap air yang terdapat di atmosfer selalu berubah- ubah. Semakin besar kandungan uap di udara, semakin besar pula kemungkinan turun hujan.
  4. Nitrogen, merupakan unsur terbanyak di atmosfer (78,08%), sangat penting bagi pertumbuhan tanaman atau pertumbuhan. Kekurangan zat nitrogen dalam tanah dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu. Nitrogen tidak dapat digunakan oleh tumbuh-tumbuhan secara langsung dari udara, melainkan dihisap oleh akar dan dalam tanah. Terjadinya petir atau halilintar bersamaan dengan turunnya hujan, dapat mempercepat proses pelarutan Nitrogen di udara dan meresap ke dalam tanah. Kekurangan Nitrogen di dalam tanah diatasi dengan melakukan pemupukan. Pupuk Urea merupakan salah satu jenis pupuk yang mengandung banyak Nitrogen. Nitrogen merupakan salah satu bahan dasar atau bahan baku untuk industri.
  5. Neon dan Argon, digunakan untuk mengisi bola lampu listrik. Bola lampu yang diisi dengan Neon (lampu Neon) memancarkan warna jingga, sedangkan bola lampu yang diisi dengan Argon memancarkan warna merah.
  6. Ozon, dapat mematikan bakteri yang ada di dalam air, sehingg a banyak digunakan dalam industri air mineral. Ozon digunakan untuk sterilisasi (mematikan bakteri) di dalam air. Dengan demikian, air tersebut aman untuk diminum karena tidak mengandung bakteri/kuman. Lapisan ozon terdapat pada stratosfer, sebagian besar terkonsentrasi pada ketinggian 22 km dan berfungsi sebagai pelindung permukaan bumi dan radiasi sinar ultraviolet
  7. Helium, hanya sedikit terdapat di udara dan merupakan gas yang sangat ringan. Gas ini banyak digunakan untuk mengisi balon terbang.
Atmosfer juga berfungsi untuk melindungi bumi dari bencana hujan meteor. Meteor yang jatuh dan ruang angkasa, sebelum sampai ke permukaan bumi mengalami pergesekan-pergesekan dengan atmosfer dan sebagian besar terbakar habis di lapisan atmosfer luar. Lapisan lonosfer yang terdapat di atmosfer dapat pula berfungsi untuk memantulkan gelombang radio sebagai alat komunikasi ke seluruh permukaan bumi. Selain Beberapa fungsi di atas, udara di atmosfer dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga yang murah. Sampai saat ini belum ada aturan pajak bagi pemakai tenaga udara atau angin. Angin yang merupakan gerakan udara secara horizontal, telah dimanfaatkan oleh manusia sejak dahulu kala, bahkan sekarang ini pemanfaatannya semakin beraneka ragam. Penemuan benua Amerika dan Australia oleh para pelaut Eropa adalah dengan memanfaatkan tenaga angin untuk menggerakkan kapal-kapal layar pada zaman itu. Dewasa ini pemanfaatan tenaga angin secara tradisional masih banyak dilakukan, walaupun kita sudah berada di abad teknologi maju.

Manfaat Atmosfer
Seandainya bumi yang kita tempati ini tidak diselimuti oleh atmosfer, tentu tidak akan ada kehidupan. Atmosfer merupakan salah satu komponen utama pendukung kehidupan di bumi selain air.
Berikut beberapa manfaat atmosfer bagi kehidupan di muka bumi.

  • Memantulkan kembali sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Radiasi ultraviolet sangat berbahaya bagi makhluk hidup di bumi.
  • Melindungi bumi dari benturan benda-benda langit atau meteor yang hancur lebih dahulu di lapisan mesosfer.
  • Sebagai pemantul gelombang radio yang digunakan dalam proses telekomunikasi yaitu pada lapisan ionosfer.
  • Menjaga kestabilan suhu udara, sehingga tidak terlalu panas di siang hari dan terlalu dingin di malam hari.
  • Membantu makhluk hidup dalam pemenuhan kebutuhan oksigen untuk bernapas.
  • Menjaga temperatur (suhu) bumi. Tanpa atmosfer, temperatur bumi pada siang dan malam dapat berbeda drastis. Temperatur siang akan tinggi sekali dan temperatur malam akan rendah sekali. Atmosfer menjaga agar temperatur antara siang dan malam hari tidak terlalu jauh berbeda.
  • Sebagai sumber gas dan uap pembuat hujan.
Contoh Manfaat lapisan Atmosfer 

  1. Nelayan-nelayan tradisional masih menggunakan perahu layar memanfaatkan tenaga angin darat ketika berangkat kelaut, dan memanfaatkan angin laut sewaktu kembali ke darat.
  2. Kincir angin yang digunakan untuk memompa air. Belanda merupakan negara yang banyak menggunakan kincir angin untuk memompa air, sehingga disebut negara kincir angin.
  3. Angin merupakan salah satu sumber energi yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik. Pembangkit tenaga listrik dengan memanfaatkan tenaga angin telah dibangun di pantai Parang Tritis bagian Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta.
  4. Kipas angin dapat digunakan untuk memperoleh kesejukan, dibuat dengan tujuan untuk menciptakan angin buatan yang dapat digunakan pada waktu udara sangat panas.
  5. Olahraga dirgantara seperti terbang layang dan terjun payung serta penerbangan merupakan kegiatan yang memanfaatkan tenaga angin.
Sekian Artikel tentang Manfaaat Atmosfer  atau Manfaat dari Lapisan Atmosfer semoga bermanfaat

(Sumber : Geografi, Hal : 107-110, Penerbit : Erlangga.2004. jakarta, penulis : P.Ginting dkk)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments


EmoticonEmoticon