Selasa, 03 Mei 2016

Pengertian Badan Usaha Swasta Secara Umum



Secara umum Badan Usaha swasta memiliki beberapa macam jenis yang dibedakan secara yuridis dalam 4 bentuk yakni perusahaan perseorangan, perusahaan komanditer (CV), firma, perseroan terbatas (PT). di setiap jenis-jenis atau macam-macam bentuk dari badan usaha swasta memiliki proses dan mekanisme tersendiri. 


Badan Usaha Milik Swasta atau (BUMS) yang memiliki definisi. Secara umum, Pengertian Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) adalah badan usaha yang modalnya dimiliki oleh pihak swasta. Badan usaha memiliki fungsi dan peranan yang terbagi-bagi atas berbagai macam-macam atau jenis-jenis bentuk BUMS. Tujuan BUMS adalah mencari keuntungan seoptimal mungkin dalam mengembangkan usaha dan modalnya serta membuka lapangan kerja. Berdasarkan Pasal 33 UUD 1945 pada badan usaha milik swasta yang berbunyi bahwa bidang-bidang usaha yang diberikan kepada pihak swasta adalah mengelola sumber daya ekonomi yang bersifat tidak vital dan strategis atau yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak. Badan Usaha Swasta (BUMS) dibedakan dua jenis yaitu badan usaha swasta dalam negeri dan badan usaha swasta asing. Arti dari badan usaha swasta dalam negeri adalah badan usaha yang modalnya dimiliki oleh pihak masyarakat dalam negeri. Sedangkan arti dari badan usaha swasta asing adalah badan usaha yang modalnya miliki oleh pihak masyarakat asing.

Mari kita lihat penjelasan dari macam jenis badan usaha swasta yang dibedakan secara yuridis yang terbagi atas 4 bentuk seperti dibawah ini.
  • Perusahaan Perseorangan. Perusahaan Perseorangan adalah perusahaan yang dimiliki oleh satu orang yang bertanggung jawab penuh atas jalannya usaha. Dalam perusahaan jenis ini segala permodalan, keuntungan, dan resiko ditanggung sendiri oleh pemilik perusahaan. 
  • Persekutuan Komanditer (CV). Persekutuan Komanditer atau Comanditer Vennotschap adalah suatu badan usaha yang mempersekutukan modal dari dua lebih, yang terbagi dua jenis  sekutu yaitu sekutu aktif dan sekutu diam. sekutu aktif adalah sekutu yang memegang tanggung jawab atas jalannya perusahaan termasuk utang piutang sedangkan sekutu diam adalah sekutu yang memegang tanggung jawab hanya modal ke perusahaan. 
  • Firma. Firma adalah suatu badan usaha yang merupakan persekutuan dua orang atau lebih yang bertanggung jawab atas jalnnya usaha. Mekanisme kerja antara sekutu, permodalan, pembagian laba, dan sebagainya diatur berdasarkan akta perjanjian. 
  • Perseroan Terbatas (PT). Perseroan terbatas adalah persekutuan dari beberapa orang untuk menyelenggarakan suatu usaha yang modalnya berasal dari saham-saham yang dimiliki oleh para anggota. Setiap anggota merupakan pemilik perusahaan. 
Ciri-ciri BUMS badan usaha milik swasta adalah sebagai berikut.
  • Sebagai dinamisator perekonomian negara
  • Merupakan lembaga yang memberikan layananan dengan menyediakan berbagai barang dan jasa yang di butuhkan masyarakat dan negara
  • Merupakan lembaga yang turut membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat
  • Merupakan salah satu sumber pendapatan negara, melalui pajak perseroan yang di bayar
  • Sekian artikel tentang Pengertian Badan Usaha Swasta dan Bentuk-Bentuknya semoga bermanfaat 


Maksud dan Tujuan Pendirian Badan Usaha Milik Swasta
Badan usaha swasta didirikan seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan murni untuk mencari keuntungan dan pengembangan modal. Tugas utama badan usaha swasta adalah menyediakan barang dan/atau jasa yang dibutuhkan masyarakat melalui usaha komersial. Laba pada badan usaha swasta berfungsi sebagai sumber pemupukan modal dan tidak boleh digunakan untuk penguasaan ekonomi oleh orang-seorang atau kelompok yang merugikan komponen pemilik faktor produksi.
Adapun tujuan didirikannya BUMS, sebagai berikut
  • Membantu pemerintah meningkatkan penerimaan negara melalui berbagai pajak
  • Meningkatkan lapangan kerja untuk mengatasi pengangguran 
  • Membantu pemerintah mengusahakan kegiatan produksi dalam rangka meningkatkan kemakmuran masyarakat 
  • Meningkatkan penerimaan devisa negara dari perusahaan swasta yng melakukan kegiatan ekpor dan impor
Kelebihan BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)
  • Cepat dalam pengambilan keputusan karena pemilik modal juga kadang kala menjadi pengelola
  • Sebagai penyumbang pajak pada kas pemerintah 
  • Memberi kontribusi dalam menaikkan Produk Domestik Bruto (PDB)
  • Sebagai penyedia barang dan jasa 
  • Cepat dalam mendapatkan modal karena dalam pengelola umumnya juga pemilik 
  • Banyak menampung tenaga kerja 
Kelemahan dan Kekurangan BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)
  • Terlalu mementingkan laba sehingga sering kali tidak memperhatikan lingkungan 
  • Sering mengalami kesulitan dalam mendapat pinjaman 
  • Sering terjadinya silang pendapat antara manajemen perusahaan dengan para serikat buruh
  • Menimbulkan persaingan tidak sehat
  • Mengalirnya devisa ke luar negeri


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum

    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus


EmoticonEmoticon