Pengertian Peranan Mamalia serta Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

by dwi , at 00.52 , has 0 komentar
Secara umum Pengertian Mammalia adalah kelas Vertebrata (bertulang belakang) yang memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui anaknya. Mammalia berasal dari bahasa latin yaitu mammae berarti susu. Mammalia meliputi hewan-hewan yang memiliki kelenjar susu pada betinanya, sedangkan jantan memiliki kelenjar susu tetapi mengalami reduksi (menyusut). Sel telur pada mammalia hanya memiliki kuning telur yang sedikit, sehingga perkembangan embrio itu berlangsung dalam rahim induknya.
Peran Mamalia dalam Ekosistem
Mamalia memiliki peran penting dalam jaring makanan dari hampir setiap ekosistem. Mamalia adalah anggota penting dari rantai makanan dan jaring makanan, sebagai pemakan rumput dan predator. Mamalia dapat memberi makan pada berbagai tingkatan rantai makanan, seperti herbivora, insektivora, karnivora dan omnivora.
Mamalia juga berinteraksi dengan spesies lain dalam banyak hubungan simbiosis. Misalnya, kelelawar telah menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan tanaman. Kelelawar pemakan Nektarmenerima kelezatan dari setiap bunga, dan, sebagai imbalannya, mereka membantu penyerbukan bunga. Itu berarti mereka mentransfer serbuk sari dari satu bunga ke bunga yang lain, yang memungkinkan tanaman untuk mereproduksi. Mamalia penyerbuk Non-terbang termasuk marsupial, primata, dan hewan pengerat. Dalam kebanyakan kasus, hewan-hewan ini mengunjungi bunga untuk makan nektar mereka, dan berakhir dengan serbuk sari menempel di tubuh mereka. Ketika hewan mengunjungi bunga lain untuk makan nektar, serbuk sari tersebut dipindahkan ke bunga itu.
Kelelawar pemakan Buah(Gambar dibawah) juga menerima makanan dari tumbuh-tumbuhan. Sebagai imbalannya, mereka membantu tanaman ini menyebar benih mereka. Ketika kelelawar mengkonsumsi buah, mereka juga mengkonsumsi biji dalam buah. Kemudian mereka membawa benih dalam usus mereka ke lokasi yang jauh-jauh.
kelelawar buah
Kelelawar, seperti kelelawar buah Mesir ini, memainkan peran penting dalam penyebaran benih.
Zebra telah dikenal untuk berteman burung unta. Dalam hubungan simbiosis ini, kedua spesies menguntungkan. Burung unta, dengan indera penciuman dan mendengar yang buruk dan zebra dengan penglihatan yang buruk, keduanya mampu memperingatkan satu sama lain ketika bahaya sudah dekat. Zebra dapat mencium atau mendengar bahaya tertentu mendekat, sementara burung unta bisa melihat bahaya lain. Keduanya dipersiapkan untuk memperingatkan satu sama lain pada saat itu juga sehingga mereka dapat melarikan diri masing-masing bila diperlukan.
Punt dan impala memiliki hubungan yang sama. Impala adalah salah satu spesies mangsa yang paling umum untuk semua predator dan harus selalu waspada. Impala memiliki pendengaran yang baik dan penglihatan, akan memberikan alarm ketika bahaya sudah dekat.
Zebra dan rusa kutub yang ditemukan bersama-sama di savana Afrika merumput pada bagian yang berbeda dari rumput yang sama. Zebra merumput bagian keras tanaman, menyisakan bagian-bagian lembut untuk rusa kutub tersebut.

Peranan Mamalia bagi Manusia
Kita melihat contoh mamalia (selain orang!) Yang melayani kebutuhan kita di mana-mana. Kita memiliki hewan peliharaan yang berupa mamalia, seperti anjing dan kucing. Mamalia juga digunakan di seluruh dunia untuk transportasi. Misalnya, kuda, keledai, bagal, atau unta (Gambar di bawah) dapat menjadi sarana utama transportasi di beberapa bagian dunia. Mamalia juga melakukan pekerjaan untuk kita. Layanan anjing dapat dilatih untuk membantu penyandang cacat. Ini termasuk anjing pemandu, yang merupakan bantuan anjing terlatih untuk memimpin orang-orang buta dan tunanetra sekitar hambatan. Kuda dan gajah dapat membawa beban berat. Manusia juga menggunakan beberapa mamalia untuk makanan. Sebagai contoh, sapi dan kambing umumnya dibesarkan untuk susu dan / atau daging mereka.

unta
Unta ini menyediakan transportasi di Mesir.
Peran Mamalia dalam budaya
Mamalia juga telah memainkan peran penting dalam cerita rakyat budaya yang berbeda dan agama. Sebagai contoh, mamalia penting termasuk Dolly domba, anjing Lassie, dan sirip lumba-lumba. Dolly adalah mamalia pertama yang dikloning dari somatik dewasa (badan) sel, dengan menggunakan proses transfer nuklir. Lassie adalah anjing collie yang tampil dalam tujuh film panjang penuh pada 1940-an dan 1950-an, dimulai dengan Lassie Come Home pada tahun 1943. Film Lassie tambahan dibuat baru-baru ini tahun 2005. Antara 1954 dan 1973, serial televisi Lassie ditayangkan, dengan banyak produksi tambahan baru-baru ini 2007. Flipper adalah botol hidung lumba-lumba yang membintangi serial televisi antara tahun 1964 dan 1967. mamalia yang paling terkenal mungkin king Kong, gorila raksasa yang meneror New York City pada tahun 1933 dalam film yang sama nama.

Klasifikasi Mamalia
Terdapat sekitar 4.000 spesies Mammalia yang masih hidup hingga sekarang yang kini dikelompokkan atau diklasifikasikan dalam beberapa ordo. Klasifikasi Mammalia adalah sebagai berikut.
  • Monotremata (Mammalia bertelur), famili Tachyglossidae (landak semut), contohnya Tachyglossus aculeatus dan famili Ornithorhynchidae (paltipus, hewan berparuh bebek), contohnya Ornithorhynchus anatinus. 
  • Marsupialia (Mammalia berkantong), contohnya kuskus (Phalanger sp), kanguru merah raksasa (Megaleia rufa), dan koala (Phascolarctos cinereus). 
  • Insectivora (pemakan serangga), contohnya tikus mondok (Talpa europea) dan celurut rumah (Crocidura russula). 
  • Tupaioidea (tupai), contohnya tupai ekor jambul (Dendrogale melanura). Tupai panah (Dendrogale murina). 
  • Rodentia (hewan pengerat), contohnya bajing merah (Sciurus vulgaris), dan tikus rumah (Mus musculus). 
  • Edentata (kukang, armadilo), contohnya pemakan semut (Myrmecophaga tridactyla) dan tubuh berperisai sisik (Daypus novermcincius)
  • Phalidota (trenggiling), contohnya trenggiling berekor panjang (Manis tetradactyla) dan trenggiling jawa (Manis javanica)
  • Carnivora (Singa, harimau, anjing), contohnya serigala (Canis lupus), singa (Panthera leo), kucing (felis silvestris).
  • Primata (lemur, wau-wau, anjing), dibagi menjadi beberapa famili seperti Lemuridae contohnya lemur kerdil ekor gemuk (Cheirogaleus medius), Cercopithecidae contohnya monyet rhesus (Macaca mulatta), Pongidae contohnya gorila (Gorilla gorilla), simpanse (Pan troglodytes), orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus). Hominidae contohnya manusia (Homo sapiens). 
Peranan Mamalia - Mammalia memiliki banyak keuntungan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Peranan Mammalia adalah sebagai berikut...
  • Dapat digunakan dalam pertanian yaitu dengan membajak tanah sawah, contohnya kerbau
  • Sebagai bahan wol, misalnya domba
  • Dapat memberantas serangga (nyamuk), contohnya kelelawar. 
  • Dikonsumsi sebagai sumber gizi yang banyak khususnya protein misalnya susu dan daging, contohnya sapi, kambing, dan kuda. 
  • Dapat dijadikan penjaga rumah dan pelacak jejak, contohnya anjing
  • Sebagai alat transportasi contohnya kuda penarik soda, sapi penarik gerobak dan unta
  • Barang kerajinan, contohnya tanduk yang dibuat sendok, gantungan kunci, sisir, dan tusuk konde. 
  • Hiburan, seperti permainan sirkus, contohnya pada kuda, singa, gajah, harimau dan lumba-lumba
Hewan Mammalia tidak hanya menguntungkan dengan manfaatnya bagi kehidupan manusia tetapi, hewan mammalia juga memiliki kerugian bagi kehidupan manusia. Kerugian Hewan Mammalia adalah sebagai berikut.....
  • Pemakan buah-buahan kebun, contohnya pada kalong
  • Dapat merusak lahan pertanian, contohnya pada babi liar
  • Dapat menyebar kuman penyakit, contohnya penyakit pes yang dibawah oleh tikus dan rabies yang dibawa oleh anjing terinfeksi dari virus rabies.
Ciri-Ciri Umum Mammalia -
Mammalia dapat kita ketahui dengan memperhatikan dan mengetahui ciri-ciri mammalia. Ciri-Ciri Mammalia Umum adalah sebagai berikut...
  • Tubuh mammalia terdiri atas bagian kepala, leher, badan dan ekor. Pada anggota gerak mammalia dimana pada bagian depan dan belakang memiliki jari-jari yang terdapat kuku dan cakar. Anggota gerak depan termodifikasi yang difungsikan untuk berlari, menggali lubang, berenang, dan terbang. 
  • Memiliki kelenjar susu (glandula mammae) pada anggota badan seperti dada, perut, atau ketiak. Kelenjar susu betina dapat keluar setelah kelahiran anaknya. Pada Marsupialia (mammalia berkantong) dan Placentalia memiliki puting, sedangkan Monotremata (mammalia bertelur) tidak memiliki puting. Pada mammalia jantan tidak menghasilkan kelenjar susu
  • Memiliki rambut, sedikitnya dalam satu fase siklus hidupnya. Setiap helai rambut akan tumbuh didalam kantong yang mengeluarkan minyak pada kulit. Dari berbagai kantong-kantong rambut itu terletak pada posisi yang miring sehingga rambut memiliki arah tertentu. Rambut dapat berdiri karena otot-otot dalam kulit. 
  • Mammalia bersifat homoiotern (berdarah panas). Mammalia mempertahankan suhu tubuh yaitu 36°C. Dari sebagian spesies mammalia melakukan hibernasi. Hibernasi adalah tidak aktif atau tidur selama musim dingin. Pada saat udara yang panas, kelebihan panas tubuh mammalia yang dibuang melalui keringat. 
  • Ruas tulang belakang leher pada Mammalia berjumlah tujuh buah 
  • Mammalia mempunyai sekat yang dapat mengatasi rongga dada dengan rongga perut, yang disebut dengan diafragma. 
  • Memiliki sistem pencernaan yang lengkap, sistem pencernaan mammalia mulai dari mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar (kolom), dan anus. Pada rahang bawah mulut dibentuk oleh satu tulang tungga dan dipinggir rahang terdapat gigi. Umumnya terdapat empat tipe gigi pada mammalia yaitu gigi seri, gigi taring, gigi gerahan depan, dan gigi gerahan belakang. Mammalia hanya akan berganti gigi satu kali. Mammaia memiliki sekum (usus buntu) pada pertemuan usus halus dengan kolon. 
  • Bernapas dengan paru-paru. Mammalia bernapas dengan paru-paru yang terdiri dari dua lobus dan terdapat didalam ruang pleura serta terdapat pita suara pada laring. 
  • Sistem ekskresi Mammalia mempunyai ginjal metanefros dengan dua ureter yang mengalirkan urine ke kandung kemih (vesika urinaria). 
  • Alat indra yang berupa mata, telinga, lidah, dan hidung. Mata dilindungi oleh kelopak mata atas dan kelopak mata bawah yang dapat dipejamkan. Mammalia mempunyai tiga tulang pendengaran, yaitu martil (maleus), landasan (incus), dan sanggurdi (stapes) yang pada akhirnya organ pendengar berbentuk gelung yang disebut dengan koklea. Lidah mempunyai papila-papila pengecap rasa. Hidung berhubungan dengan lubang tunggal di tengkorak. 
  • Mammalia memiliki otak yang berukuran besar dan berkembang baik yang berpengaruh pada pendaian atau intelektualnya. 
  • Memiliki alat kelamin terpisah antara jantan dan betina. Fertilisasi yang terjadi secara internal dan bersifat vivipar. Pada mammalia jantang memiliki alat kopulasi yang berupa penis dan spermatozoid yang diproduksi oleh testis yang tersimpan di skrotum. Pada mamalia betina, embrio berkembang didalam uterus dan pada pertukaran metabolisme (misalnya respirasi dan nutrisi) antara embrio dengan induk menjadi terpisah melalui plasenta. Lubang genital pada Mammalia terpisah dengan anus. 
Demikianlah artikel tentang Pengertian serta Ciri-Ciri dan Klasifikasinya. Sekian dan Terima Kasih. 
dwi
About
Pengertian Peranan Mamalia serta Ciri-Ciri dan Klasifikasinya - written by dwi , published at 00.52, categorized as Biologi . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger