Kamis, 02 Juni 2016

Dampak APBD Terhadap Perekonomian

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan bagian tak terpisahkan dari perekonomian secara agregat. Hal ini disebabkan setiap perubahan yang terjadi pada variabel-variabel ekonomi makro akan berpengaruh besaran-besaran pada APBN.
Sebaliknya, setiap terjadi perubahan dalam kebijakan APBN (sebagai percerminan kebijakan fiskal) yang diambil pemerintah pada gilirannya juga akan memengaruhi aktivitas perekonomian. Saat ini, kebijakan anggaran negara mempunyai peranan yang cukup penting dalam mendorong aktivitas perekonomian, terutama ketika dunia usaha belum sepenuhnya pulih akibat terjadinya krisis ekonomi beberapa tahun yang lalu.
Peranan kebijakan anggaran melalui kebijakan stimulasi fiskal, diharapkan akan mampu mempercepat proses pemulihan ekonomi, yang tercermin dari peranannya dalam permintaan agregat. Hal ini sejalan dengan Teori Keynesian, bahwa stimulasi fiskal melalui “government expenditure” baik belanja barang dan jasa maupun belanja investasi atau modal akan dapat membantu menggerakkan sektor riil.
Dampak dari APBD atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ini memiliki berbagai macam dampak yang menguntungkan dan bermanfaat bagi daerah baik itu dalam sektor perekonomian, dan sektor-sektor lainnya. Dampak tersebut sebenarnya dapat dilihat dari tujuan APBD dan Fungsi APBD itu sendiri. tetapi mungkin lebih baiknya Dampak dari APBD kita perjelas dengan satu pembahasan seperti pada kesempatan kali ini, kita akan mempermudah anda untuk susah payah lagi nyari di buku dan memenggal-menggal untuk mendapatkan dampak dari APBD itu sendiri. Untuk melihat dampak dari APBD terhadap perekonomian adalah.

Dampak APBD Terhadap Perekonomian

Dampak APBD terhadap perekonomian, antara lain sebagai berikut.

  1. APBD digunakan untuk memperbaiki dan menjaga kestabilan ekonomi daerah. 
  2. APBD diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi. 
  3. APBD mampu memberi pengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian daerah dengan mengikut sertakan secara aktif peran masyarakat. 
  4. APBD dapat menimbulkan raja percaya masyarakat terhadap pemerintah daerah sehingga peran masyarakat dalam pertumbuhan ekonomi akan semakin besar 
  5. Meningkatkan sektor ekonomi masyarakat, artinya masyarakat mampu mengetahui GNP dari tahun ini dan seterusnya.
  6. Memunculkan dan menimbulkan tingkat investasi masyarakat, ini terjadi karna masyarakat dapat mengembangkan industri-industri yang berada dalam negeri. 
  7. Memperluas kesempatan kerja masyarakat, ini terjadi karna muncul dan terbangunnya lapangan kerja di daerah. 

Sekian pembahasan Dampak APBD Terhadap Perekonomian semoga bermanfaat bagi kita semua. terimakasih.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments


EmoticonEmoticon