Kamis, 02 Juni 2016

Mengenal Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

Perbedaan pasar uang dan pasar modal, pertama-tama dikaji dengan point-point seperti pengertian pasar uang dan pasar modal, setelah mengkaji hal tersebut maka kita dapat mengetahui perbedaan pasar uang dan pasar modal itu dimana ?... dengan menyimpulkan hasil kajian-kajiannya, sehingga pertama-tama yang akan kita kaji adalah pengertian pasar uang dan pasar modal dalam menentukan perbedaan pasar uang dan pasar modal. Dengan analisa teman-teman kita dapat menemukannya hanya dengan melihat pengertian pasar uang dan pengertian pasar modal.
Pasar uang adalah tempat diperdagngkannya dana-dana atau surat-surat berharga yang mempunyai jangka waktu jatuh tempo kurang dari satu tahun (jangka pendek).

Transaksi dalam pasar uang dilakukan dengan menggunakan sarana telekomunikasi sehingga pasar uang ini disebut juga dengan pasar abstrak karena pelaksanaannya tidak dilakukan di tempat tertentu sebagaimana halnya dengan bursa efek pada pasar modal. Berkaitan dengan itu pasar uang merupakan pasar yang tidak teroganisasi (Unorganized market).
Pengertian pasar uang dan pasar modal antara lain sebagai berikut.

Persamaan Pasar uang dan pasar modal :

  • Sama-sama bagian dari pasar finansial (pasar pendanaan) karena pasar uang sendiri, muncul karena bank membutuhkan likuiditas, kemudian menjual instrumen pasar uang ke bank lain. Baik bank konvensional atau bank syariah. Sedangkan pasar modal, adanya penjualan saham, obligasi dan lain-lain.
  • Menjalankan funsi yang sama yaitu menjembatani pihak surplus dan defisit yang memiliki banyak peluang investasi.
  • Produk pasar uang dan produk pasar modal relatif sama berupa surat berharga.

Pengertian Pasar Uang dan Pasar Modal 
Pengertian pasar uang  dan pasar modal antara lain sebagai berikut.
  • Pengertian Pasar Uang (Money Market) adalah tempat atau kegiatan bertemunya permintaan dan penawaran dana-dana yang berupa surat-surat berharga, yang memiliki jangka waktu kurang dari setahun, 
  • Pengertian Pasar Modal (Bursa Efek) adalah tempat dalam bertemunya pihak yang menawarkan kepada pihak yang memerlukan dana jangka panjang, yakni dalam bentuk surat bukti hutang obligasi (jangka panjang), dan surat tanda penyertaan modal (saham), serta surat-surat berharga yang lainnya.
Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal
Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut:

  1. Jangka waktu. Dari pengertian di atas, kita bisa mengetahui bahwa perbedaan pasar uang dan pasar modal yang pertama adalah ada pada jangka waktu. Jangka waktu dana-dana dan surat-surat berharga yang diperjualbelikan dalam pasar uang adalah jangka waktu pendek yaitu kurang dari satu tahun. Adapun jangka waktu untuk jual beli dana-dana, obligasi, saham dan surat berharga lain pada pasar modal adalah jangka waktu yang lama, yaitu lebih dari satu tahun.
  2. Tempat. Seperti yang kita tahu bahwa pasar modal memiliki tempat yang jelas yang diketahui oleh masyarakat luas. Di negara kita sendiri, kini terdapat dua pasar modal yaitu bursa efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Sedangkan untuk pasar uang tidak memiliki transaksi khusus dan transaksi yang ada dilakukan dengan menggunakan alat komunikasi.
  3. Otoritas tertinggi. Untuk pasar uang otoritas tertingginya adalah BI, sedangkan otoritas tertinggi untuk pasar modal yang memegang otoritas tertinggi adalah Departemen keuangan.
  4. Tempat terjadinya. Terjadinya pasar modal ini ada di bursa efek, sedangkan untuk pasar uang terjadi diantara bank.
  5. Risiko. Setiap pasar uang dan pasar modal ini memiliki risiko masing-masing. Namun untuk pasar uang memiliki risiko rendah dan dengan return yang rendah, sedangkan untuk pasar modal berlaku untuk sebaliknya yaitu risiko tinggi dengan return yang tinggi juga.

Dari pengertian pasar uang dan pasar modal kita dapat menyimpulkan perbedaan antara pasar uang dan pasar modal.
  • Perbedaan pasar uang dan pasar modal dapat kita ketahui bahwa dalam pasar uang, dana-dana dan surat-surat yang berharga diperjualbelikan untuk jangka pendek waktu kurang dari satu tahun. Sedangkan pasar modal memperjualbelikan dana-dana jangka panjang, seperti saham, obligasi dan surat-surat berharga lainnya untuk jangka waktu yang lebih dari satu tahun.  
  • Pasar modal memiliki tempat tertentu yang jelas. Di indonesia, terdapat dua pasar modal, yakni bursa efek jakarta dan bursa efek surabaya. Sedangkan pasar uang yang tidak memiliki tempat transaksi khusus, transaksi pasar uang dilakukan melalui alat komunikasi. 

Demikianlah artikel tentang Mengenal Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal. semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

1 komentar:


EmoticonEmoticon