Pengertian umum Tujuan dan Fungsi Sosialisasi

by dwi , at 23.00 , has 0 komentar
Sosialisasi merupakan sebuah hubungan yang terjadi antara individu yang satu dengan individu yang lainnya. Beberapa ahli mengatakan bahwa pengertian sosialisasi adalah sebuah proses yang dialami oleh seseorang dalam mempelajari lingkungan hidupnya hingga seseuai dengan norma, nilai sosial, serta kebiasaan yang dianut oleh suatu kelompok dimana ia tinggal.
Sosialisasi sangat penting seperti dalam tujuan sosialisasi dan fungsi sosialisasi. secara umum pengertian sosialisasi adalah proses pembelajaran seseorang untuk mempelajari pola hidup sesuai nilai, norma dan kebiasaan yang ada dijalankannya dalam masyarakat atau kelompok dimana dia berada. Unsur-unsur sosialisasi adalah peranan pola hidup dalam masyarakat sesuai nilai, norma, dan kebiasaan masyarakat. Sosialisasi peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat dari fungsi sosialiassi dan tujuan sosialsiasi, Apakah fungsi sosialisasi itu ?. dan Tujuan Sosialisasi tersebut. Untuk mengetahui fungsi sosialisasi dan tujuan sosialisasi, dapat dilihat seperti yang ada dibawah ini.

Tujuan Sosialisasi 
1. Memberikan keterampilan kepada seseorang untuk dapat hidup bermasyarakat. 
2. Mengembangkan kemampuan sesorang dalam berkomunikasi secara efektif. 
3. Mengembangkan fungsi-fungsi organik seseorang melalui introspeksi yang tepat. 
4. Menanamkan nilai-nilai dan kepercayaan kepada seseorang yang mempunyai tugas pokok dalam masyarakat. 

Fungsi sosialisasi sebagai suatu proses sosialisasi di tengah-tengah lingkungan masyarakat memiliki fungsi utama, antara lain sebagai berikut:
1. Ditinjau dari kepentingan yang dimiliki seseorang, sosialisasi memiliki fungsi sebagai pengenal identitas budaya dan nilai, agar seseorang dapat mengakui, mempelajari, mengenal serta menyesuaikan diri dengan norma, nilai, budaya serta peraturan sosial yang ada pada suatu kelompok masyarakat.
2. Sedangkan apabila ditinjau dari kepentingan yang dimiliki masyrakat, sosialisasai memiliki fungsi sebagai alat untuk melestarikan norma, nilai serta budaya yang ada pada suatu kelompok masyarakat.

Fungsi Sosialisasi 
Adapun fungsi sosialisasi dalam pembentukan peran dan status sosial adalah sebagai berikut. 
1. Mampu mempelajari dan menghayati norma-norma yang ada dalam kelompok tempat ia tinggal. 
2. Dapat mengenal masyarakat lebih luas. 
3. Mengetahui peran-peran yang dimiliki masing-masing anggota masyarakat. 
4. Dapat mengembangkan kemampuan sesuai peran dan status sosialnya.

Selain fungsi diatas masih ada beberapa fungsi sosialisasi diantaranya: dengan sosialisasi seseorang dapat memepelajari suatu norma yang berlaku pada suatu kelompok, dengan sosialisasi seseorang dapat mengenal masyarakatnya maupun masyarakat lain,dengan sosialisasi seseorang dapat menegnal peran yang dimiliki oleh setiap anggota kelompok masyarakat, serta dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya demi kepentingan perannya dalam suatu kelompok masyarakat.

Sekian artikel singkat tentang pengertian, tujuan dan fungsi sosialisasi. semoga bermanfaat bagi kita semua. sekian dan terima kasih.

dwi
About
Pengertian umum Tujuan dan Fungsi Sosialisasi - written by dwi , published at 23.00, categorized as Sosiologi . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger