Pengertian Umum Distribusi Tak Langsung Beserta Contohnya

by dwi , at 07.49 , has 0 komentar
Pengertian distribusi tak langsung, mudah kita ketahui dengan melihat contoh-contoh distribusi tak langsung, karna dengan melihat contoh dari distribusi tak langsung mungkin kita dapat mengartikannya, tetapi kita juga akan membahas pengertian distribusi tak langsung seperti tema diatas.
Secara umum distribusi merupakan suatu aspek yang penting dalam pemasaran. Disisi lain distribusi juga suatu kegiatan pemasaran yang berguna untuk melancarkan kegiatan penyaluran barang dari seorang produsen kepada konsumen (Wikipedia, 2014).
pengertian distribusi tak langsung adalah penyaluran atau penjualan barang dari produsen kepada konsumen melalui perantara. Beberapa perantara yang terlibat dalam kegiatan jual beli, seperti pedagang, agen, makelar, dan komisioner. Contoh-contoh distribusi tak langsung dapat dilihat dibawah ini.

Pengertian Distribusi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Kegiatan distribusi ini juga merupakan kegiatan yang sudah berlangsung sekian lama di seluruh dunia. Pentingnya kegiatan distribusi ini juga merupakan penunjang kegiatan perekonomian di seluruh dunia. Berikut ini kami akan mengulas beberapa pengertian distribusi yang di buat oleh para ahlinya sebagai berikut:

#1 Menurut Winardi (1989)
Distribusi merupakan sekumpulan perantara yang terhubung erat antara satu dengan yang lainnya dalam kegiatan penyaluran produk-produk kepada konsumen (pembeli).

#2 Menurut Philip Kotler (1997)
Distribusi merupakan sekumpulan organisasi yang membuat sebuah proses kegiatan penyaluran suatu barang atau jasa siap untuk di pakai atau di konsumsi oleh para konsumen (pembeli).

#3 Menurut Alma (2007)
Distribusi merupakan sekumpulan lembaga yang saling terhubung antara satu dengan lainnya untuk melakukan kegiatan penyaluran barang atau jasa sehingga tersedia untuk dipergunakan oleh para konsumen (pembeli).

#4 Menurut Tjiptono (2008)
Distribusi merupakan suatu proses kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk mempermudah kegiatan penyaluran barang atau jasa dari pihak produsen ke pihak konsumen.

#5 Menurut Daniel (2001)
Distribusi merupakan suatu kegiatan dari sebuah organisasi yang bertujuan untuk memperlancar kegiatan penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

Masih banyak sekali pengertian tentang distribusi ini yang di buat oleh para ahli, namun disini penulis hanya mencantumkan 5 pendapat tentang distribusi oleh para ahlinya dan dari semua pengertian distribusi tersebut diatas dapat di ambil suatu kesimpulan tentang distribusi yang hampir mirip yang diutaran oleh semua para ahli yaitu “distribusi merupakan suatu kegiatan atau suatu proses penyaluran barang dari satu atau kumpulan organisasi produsen kepada konsumen”.

Dengan adanya kegiatan distribusi ini, diharapkan dapat membuat pendistribusian barang atau jasa dari para produsen ke konsumen semakin mudah di gapai oleh para konsumen maupun produsen. Tentu saja kegiatan distribusi ini dapat menjadi suatu kegiatan yang sangat membantu sekali antara produsen dengan konsumen karena tanpa adanya kegiatan ini maka akan sangat sulit sekali tercapainya kegiatan pemasaran antara produsen ke konsumen sacara langsung maupun tidak langsung
 

Contoh Distribusi Tak Langsung
  1. Pak heru memiliki perusahaan roti. Ia bisa menitipkan roti-rotinya di toko atau kios untuk dijual kepada konsumen. 
  2. PT Pertamina menjual bensin kepada para konsumennya melalui SPBU. 
Beberapa model distribusi tak langsung barang dan produsen ke konsumen, jika digambarkan akan tampak seperti berikut.
Pengertian Distribusi Tak Langsung dan Contohnya

Demikianlah artikel singkat tentang Pengertian Distribusi Tak Langsung beserta Contohnya. semoga bermanfaat bagi kita semua. sekian dan terima kasih.
dwi
About
Pengertian Umum Distribusi Tak Langsung Beserta Contohnya - written by dwi , published at 07.49, categorized as Ekonomi . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger