Senin, 06 Juni 2016

Pengertian Umum Interaksi Secara Langsung dan Contohnya

Interaksi sosial merupakan suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku, interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan-aturan dan nilai-nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika tidak adanya kesadaran atas pribadi masing-masing, maka proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan.
Di dalam kehidupan sehari-hari tentunya manusia tidak dapat lepas dari hubungan antara satu dengan yang lainnya, ia akan selalu perlu untuk mencari individu ataupun kelompok lain untuk dapat berinteraksi ataupun bertukar pikiran. Menurut Prof. Dr. Soerjono Soekamto di dalam pengantar sosiologi, interaksi sosial merupakan kunci rotasi semua kehidupan sosial. Dengan tidak adanya komunikasi ataupun interaksi antar satu sama lain maka tidak mungkin ada kehidupan bersama. Jika hanya fisik yang saling berhadapan antara satu sama lain, tidak dapat menghasilkan suatu bentuk kelompok sosial yang dapat saling berinteraksi. Maka dari itu dapat disebutkan bahwa interaksi merupakan dasar dari suatu bentuk proses sosial karena tanpa adanya interaksi sosial, maka kegiatan–kegiatan antar satu individu dengan yang lain tidak dapat disebut interaksi.
Pengertian interaksi secara langsung menurut beberapa ahli menyatakan bahwa pengertian interaksi secara langsung adalah interaksi yang dilakukan langsung antarindividu yang berinteraksi. Interaksi secara langsung dilakukan tanpa perantara atau tanpa pihak ketiga. interaksi secara langsung merupakan bagian dari proses interaksi sosial dimana proses interaksi sosial dibedakan menjadi dua yakni interaksi secara langsung dan interaksi secara tidak langsung, semua itu merupakan bagian dari interaksi sosial. Untuk lebih mengetahui interaksi sosial mari kita melihat contoh-contoh interaksi secara langsung karna ada sebagian orang yang lebih mudah mengerti jika langsung melihat contohnya, maka dari itu contoh-contoh interaksi secara langsung seperti dibawah ini

Contoh Interaksi Secara Langsung 

  1. Berkomunikasi dengan bertatap muka atau kita melihat muka tanpa adanya bantuan teknologi apapun. 
  2. Guru dengan Muridnya, secara langsung mengajarkan kepada anak muridnya 
  3. Andi dan Ina makan bersama di kantin sambil berbincang-bincang 
  4. Berdiskusi merupakan interaksi secara langsung antar individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok 
  5. Afdan berjabat tangan dengan tamunya 
Sekian artikel singkat tentang Pengertian Interaksi Secara Langsung dan Contohnya semoga bermanfaat bagi kita semua. sekian dan terima kasih.


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments


EmoticonEmoticon