Kamis, 02 Juni 2016

Pengertian Umum Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan beserta Contoh-contohnya

Pengertian kebutuhan, memiliki arti luas dengan macam-macam kebutuhan serta contoh masing-masing. Begitulah kita, manusia. Manusia berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhannya, kebutuhan dapat berupa makanan seperti beras, dan lauk pauk, dapat pula berupa pakaian seperti baju, celana dan kaos kaki, dan juga berupa jasa seperti nonton ke bioskop, naik bus dan bantuan dokter serta bantuan hukum seperti pengacara. Kebutuhan menurut beberapa para ahli mengatakan bahwa Pengertian Kebutuhan adalah segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya. Beragamnya barang dan jasa yang dibutuhkan manusia membuktikan bahwa kebutuhan manusia beragam juga. Pengertian Kebutuhan Secara umum adalah hasrat yang timbul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi dapat memengaruhi kelangsungan hidupnya. Dalam ilmu ekonomi, pengertian kebutuhan adalah segala sesuatuyang diperlukan manusia untuk kelangsungan hidupunya dalam rangka mencapai kemakmuran.
Dengan kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan kelangsungan hidup manusia terus berlanjut, dan dengan terpenuhinya semua yang  kebutuhan manusia, akan menjadikan kelangsungan hidup manusia yang sejahtera. Dari uraian diatas dapat disimbulkan bahwa kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan dalam diri manusia yang ingin dipuaskan. Orang membutuhkan sesuatu karena tanpa sesuatu itu ia merasa dirinya memiliki kekurangan. Yang lapar ingin makan. Yang haus ingin minum dan yang sakit ingin sembuh serta yang bodoh ingin menjadi pintar. Kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan yang ingin dipenuhi dalam diri manusia. 
Kebutuhan timbul karena adanya tuntutan fisik dan psikis agar dapat hidup layak sebagai manusia, sehingga kebutuhan manusia menjadi sangat beraneka ragam dan sering tidak dapat dipuaskan. Hal ini menyebabkan kebutuhan manusia menjadi tidak terbatas.


Faktor yang mempengaruhi kebutuhan
Kebutuhan manusia terus meningkat dan berubah karena disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  1. Sifat Alami Manusia.
  2. Tingkat pendapatan.
  3. Tingkat pendidikan.
  4. Kemajuan Teknologi Informas.i
  5. Agama dan Kepercayaan.
  6. Jumlah Penduduk.
  7. Iklan atau promosi produk.

Macam-macam Kebutuhan:
Menurut Intensitasnya atau kepentingannya:

  1. Kebutuhan Primer
  2. Kebutuhan Sekunder
  3. Kebutuhan Mewah/ Tersier

Menurut Waktu Pemenuhannya:

  1. Kebutuhan sekarang
  2. Kebutuhan Masa Depan
  3. Kebutuhan yang tidak tentu waktunya/ tidak terduga
  4. Kebutuhan sepanjang waktu

Menurut Sifatnya:

  1. Kebutuhan Jasmani
  2. Kebutuhan Rohani

Menurut Subjeknya:

  1. Kebutuhan Pribadi
  2. Kebutuhan Sosial
Macam-Macam Kebutuhan Manusia dan Contohnya 
Beragamnya kebutuhan manusia dapat di klasifikasikan menurut tolak ukur tertentu. Oleh karnanya kebutuhan terbagi atas beberapa kelompok antara lain sebagai berikut.

Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaan
  • Kebutuhan Primer : Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama untuk dipenuhi yakni makanan, pakaian dan perumahan.  Contohnya : Baju , Makanan, tempat tinggal atau rumah. 
  • Kebutuhan Sekunder : Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan agar kehidupan manusia dapat berjalan baik. Contohnya : peralatan rumah tangga seperti tempat tidur, meja, kursi, radio, buku alat tulis dan komputer serta masih banyak lagi 
  • Kebutuhan Tersier: Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang bertuju kepada kebutuhan mewah. Kebutuhan dapat terjadi jika kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Contohnya : Mobil ferrari, berwisata ke luar negeri, kapal pesiar, apartemen, pesawat pribadi, pulau pribadi, helikopter pribadi. 
Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya 
  • Kebutuhan Jasmani : Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan manusia dalam memelihara raga/fisik. Contohnya : Istirahat, olahraga, makanan, minuman, dan pakaian.
  • Kebutuhan Rohani : Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan dalam pemenuhan jiwa atau batin. Contohnya : beribadah, hiburan, kesenian, rekreasi, dan membaca buku, serta berkumpul dengan orang tua. 
Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Waktunya
  • Kebutuhan Sekarang : Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang pemenuhannya harus sekarang atau tidak dapat ditunda-tunda. Contohnya : obat, operasi. 
  • Kebutuhan Yang Akan Datang/Masa Depan :Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat di tunda, tetapi harus dipersiapkan dari sekarang. Contohnya : tabungan, Perlengkapan bayi bagi wanita hamil, Orang tua mempersiapkan pemenuhan anaknya yang akan masuk kedunia pendidikan, Asuransi. 
  • Kebutuhan Tidak Terduga : Kebutuhan tidak terduga adalah pemenuhan kebutuhan yang datang secara tiba-tiba. Contohnya : konsultasi kesehatan. 
Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Subyek yang ditubuhkan
  • Kebutuhan Individual : Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang diperuntukkan bagi perorangan(individu). Contohnya : kebutuhan cleaning service  dengan kebutuhan tentara, kebutuhan presiden dengan kebutuhan pelayan. 
  • Kebutuhan Kolektif/Kelompok : Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Contohnya : Pasar, jalan, rumah sakit, jembatan, angkutan umum, dan sekolah. 
Demikianlah artikel tentang pembahasan tentang Pengertian dan Macam-Macam Kebutuhan serta Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. sekian dan terimakasih.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

1 komentar:


EmoticonEmoticon