Minggu, 06 November 2016

Pengertian Umum Geografi serta aspek-aspek geografi

Ketika kita mendengar kata geografi, terlintas di pikiran kita geografi adalah ilmu yang memmpelajari bumi, tempat-tempat di dunia, negara di dunia, cara membuat peta atau cara menyajikan data. Sobat yang mendengar kata geografi, pasti ada dari pengertian tersebut yang terpintas di kepala.

Pengertian Geografi Menurut Bahasa
Kata geografi diambil dari bahasa Inggris 'geography' yang merupakan turunan dari bahasa Yunani yaitu 'geo' yang berarti bumi dan 'graphien' yang berarti tulisan atau penjelasan. Ke dua kata tersebut kemudian terbentuk menjadi 'geography' yang bisa di artikan secara istilah sebagai ilmu bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi.
Secara umum Pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari atau mengkaji segala fenomena yang ada di permukaan bumi, seperti penduduk, flora, fauna, iklim, batuan, air, dan interaksi antara fenomena-fenomena tesebut.
Geografi berasal dari bahasa yunani, geo berarti bumi dan graphein berarti tulisan. Oleh karena itu, banyak orang menyebut geografi sebaga ilmu yang mempelajari bumi dalam pengertian geografi secara singkat. Sedangkan pengertian geografi menurut para ahli, itu apa? Pengertian geografi menurut para ahli/pakar dapat dilihat seperti yang ada dibawah ini.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli
Beberapa pengertian geografi dari para ahli sebagai berikut.
  • Richard Hartshorne: Pengertian geografi menurut Richard Hartshorne, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah ilmu yang menyajikan deskripsi akurat. teratur. dan rasional serta interpretasi berbagai karakter permukaan bumi. 
  • Hasil Seminal Lokakarya: Pengertian geografi berdasarkan hasil seminar dan lokakarya ikatan geografi indonesia (IGI) tahun 1988 di semarang, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan lingkungan dalam konteks keruangan. 
  • Ullman (1954): Pengertian geografi menurut Ullman bahwa arti geografi adalah interaksi antar ruang. 
  • Ekblaw dan Mulkerne: Menurut Ekblaw dan Mulkerne bahwa pengertian geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi, dan kehidupannya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati. 
  • Paul Vidal de La Blance: Pengertian geografi menurut Paul Vidal del La Blance yang mendefinisikan geografi sebagai studi tentang kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan bergantung dari bagaimana manusia mengelola alam ini. 
  • Strabo: Pengertian geografi menurut strabo bahwa geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat ini dikenal dengan konsep Natural Attribute of Place. 
  • Claudius Ptolomaeus: Menurutnya, pengertian geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi. 
  • Haris (2012): Pengertian geografi menurut haris adalah suatu ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang ada di permukaan bumi dengan konsep spasial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada di permukaan bumi. 
  • Preston E.James: Pengertian geografi menurut Preston E. James, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah merupakan induk ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan yang diawali dengan pengamatan bumi. 
  • Bintarto: Pengertian geografi menurut Bintarto, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan. 
  • Yi-Fun Tuan: Pengertian geografi menurut Yi-Fun Tuan, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah kajian tentang bumi sebagai tempat tinggal manusia
Kajian geografi mempunyai ruang lingkup yang luas sehingga disiplin ilmu lainnya banyak yang berkaitan dengan geografi. Keterkaitan geografi dengan disiplin ilmu lain dapat dibedakan menurut aspek fisik dan aspek sosial.

A. Aspek Fisik
Aspek fisik geografi mengkaji segala fenomena yang ada di geosfer yang tentunya dapat mempengeruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yang langsung dapat diamati.

  • Aspek Topologi. Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka buminya, luas area dan batas-batas wilayah yang mempunyai ciri-ciri khas tertentu.
  • Aspek Biotik. Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur vegetasi (tetumbuhan atau flora, dunia binatang (fauna) dan kajian penduduk.
  • Aspek Non Biotik. Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kondisi tanah, hidrologi (tata air) baik perairan darat maupun laut dan kondisi iklim dari suatu wilayah.


B. Aspek Sosial
Selain aspek fisik, kajian geografi juga mencakup aspek sosial. Geografi mengkaji manusia yang hidup didalamnya atas keterkaitan dengan fenomena yang terjadi di geosfer. Aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis, dan aspek yang berhubungan dengan pola hidup manusia (kebudayaan). Pada aspek ini manusia dipandang sebagai fokus utama dari kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan kaitan perilaku manusia dengan lingkungannya. Ada beberapa aspek yang dikaji, yaitu:

  • Aspek Sosial. Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.
  • Aspek Ekonomi. Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar.
  • Aspek Budaya. Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa dan kesenian.
  • Aspek Politik. Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kepemerintahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.

Hubungan geografi dengan aspek ilmu yang lain melahirkan ilmu baru. Sebagai contoh, hubungan geografi dengan biologi melahirkan ilmu baru yaitu biogeografi, hubungan geografi dengan antropologi melahirkan antropogeografi, dan hubungan geografi dengan fisika melahirkan geofisika.
Kedua aspek dalam geografi ini menjadi dasar pembagian ilmu geografi menjadi dua cabang utama yaitu geografi fisik dan geografi manusia.
Geografi fisik mempelajari lanskap atau bentang alam fisik Bumi, misalnya gunung, dataran rendah, sungai, dan pesisir. Geografi fisik menjelaskan penyebaran kenampakan alam yang bervariasi serta mencari jawaban tentang pembentukan dan perubahannya dari kenampakan masa lalu.
Geografi manusia mempelajari lanskap atau bentang lahan manusia (budaya), misalnya komponen-komponen buatan manusia seperti jalan, saluran air, permukiman, pusat kegiatan, dan bangunan. Geografi manusia mencoba mendeskripsikan dan menjelaskan pola-pola kenampakan manusia dan kegiatannya serta meneliti hubungan antara manusia dan lingkungannya.


Demikian artikel singkat tentang pengertian geografi secara umum serta pengertian menurut para ahli. semoga bermanfaat bagi kita semua. sekian dan terima kasih.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

3 komentar:


EmoticonEmoticon