Rabu, 27 April 2016

Macam-Macam Jenis Neuron Serta Fungsinya

Neuron (sel Saraf) memiliki berbagai macam jenis-jenis neuron dengan fungsi yang saling terhubung satu sama lain. Neuron adalah unit struktural dan fungsional dari sistem saraf. Neuron mempunyai kemampuan sebagai konduktivitas (penghantar) dan eksistabilitas (dapat dirangsang, serta memiliki kemampuan merespon rangsangan dengan sangat baik. Neuron terdiri tiga bagian-bagian neuron. Bagian-bagian neuron adalah badan sel (perikarion), Dendrit, Akson. Dari setiap bagian-bagian neuron tersebut terdapat beberapa macam-macam neuron yang dilihat dari struktur dan fungsinya. 

Jenis-jenis neuron Menurut Bentuk
Ada empat jenis utama dari neuron berdasarkan bentuknya. Neuron unipolar adalah neuron yang paling umum pada invertebrata. Neuron ini ditandai oleh suatu perpanjangan primer yang berfungsi sebagai baik akson dan dendrit.

Tipe lain dari neuron adalah neuron bipolar, masing-masing memiliki sebuah akson yang mentransmisikan sinyal dari badan sel menuju otak dan sumsum tulang belakang, dan dendrit yang mengirimkan sinyal dari organ-organ tubuh menuju sel tubuh. Disini neuron bipolar biasanya ditemukan di organ sensorik seperti mata, hidung dan telinga.

Neuron Pseudo-unipolar menyerupai neuron unipolar karena masing-masing memiliki akson, tapi tidak ada dendrit sejati. Namun, neuron pseudo-unipolar sebenarnya varian dari neuron bipolar. Alasan untuk ini adalah bahwa akson tunggal melekat pada badan sel yang menghasilkan dua “kutub” berlawanan atau arah – satu terhadap otot, sendi dan kulit, dan yang lainnya menuju sumsum tulang belakang. Neuron Pseudo-unipolar bertanggung jawab atas rasa sentuhan, rasa sakit dan tekanan.

Neuron multipolar yang neuron pada vertebrata mendominasi dalam hal jumlah. Neuron ini adalah mereka yang paling dekat dengan model neuron yang biasa kita lihat dalam diagram struktur neuron. Masing-masing dari mereka memiliki badan sel, akson yang panjang, dan dendrit yang pendek.



Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya

Macam-Macam Neuron dan Fungsinya
Macam-macam neuron Menurut Fungsi
Neuron juga dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsi spesifik mereka. Neuron sensorik adalah neuron yang memanfaatkan informasi dari alat indera yang berbeda seperti mata, hidung, telinga, lidah dan kulit. Di sisi lain, neuron motorik mengirimkan sinyal dari otak ke sumsum tulang belakang ke otot untuk melakukan tindakan atau respon terhadap rangsangan. Interneuron berfungsi sebagai konektor neuron. Perpanjangan Interneuron memiliki akson panjang yang bergabung daerah otak yang jauh dari satu sama lain. Interneuron lokal memiliki akson pendek yang membuat sirkuit kecil antara sel-sel dekat atau wilayah otak.

Para peneliti juga mengkategorikan neuron berdasarkan fungsi. Neuron sensorik mengumpulkan informasi dari organ-dari indera mata, hidung, lidah dan kulit, misalnya. Neuron motorik membawa sinyal dari otak dan sumsum tulang belakang ke otot. Interneuron menghubungkan satu neuron ke yang lain: akson panjang interneuon proyeksi yang menghubungkan otak dengan daerah yang jauh; akson pendek interneuron lokal membentuk sirkuit yang lebih kecil antara sel-sel tetangga.

Sel unik
Ada puluhan neuron yang memiliki struktur yang sangat unik. Dengan demikian, peneliti menjelaskan bahwa mungkin ada seratus atau lebih jenis neuron dalam sistem saraf pusat. Sel-sel yang unik ini pada otak termasuk neuron piramidal yang memiliki badan sel yang menampilkan bentuk piramida segitiga. Neuron piramidal ditemukan di korteks prefrontal. Beberapa neuron unik lainnya termasuk sel-sel basket (interneuron kortikal), sel-sel buket ganda (interneuron penghambat), neuron berduri (ditemukan di striatum dan korteks masukan penerima), neuron chandelier (penghambatan interneuron). dan sel-sel Purkinje (neuron seperti pohon yang terletak di otak kecil).
Berdasarkan strutkur dan fungsinya, Neuron dibedakan atas tiga jenis antara lain sebagai berikut 
  • Sel Saraf Sensorik : Sel saraf Sensorik berfungsi menghantar impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat, yaitu otak (ensefalon) dan sumsum tulang belakang (medula spinalis). Ujung akson dari saraf sensokrik berhubungan dengan saraf asosiasi (intermediet). 
Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya
Neuron Sensorik
  • Sel Saraf Motorik : Sel saraf Motorik berfungsi mengirim impuls dari sistem saraf pusat ke otot atau kelenjar yang hasilnya berupa tanggapan tubuh terhadap rangsangan. Badan sel saraf motor berada di sistem saraf pusat. Dendritnya yang panjang berhubungan dengan akson saraf asosiasi, sedangkan aksonnya dapat sangat panjang. 
Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya
Neuron Motorik
  • Sel Saraf Intermediete/Sel Saraf Konektor : Sel saraf Intermediete/Sel Saraf Konektor disebut juga sel saraf asosiasi. Sel ini dapat ditemukan didalam sistem saraf pusat. Fungsi Sel saraf Intermediete/Sel Saraf Konektor adalah berfungsi menghubungkan sel saraf motor dengan sel saraf sensori atau berhubungan dengan sel saraf lainnya yang ada di dalam sistem saraf pusat. Sel saraf intermediet menerima impuls dari reseptor sensorik atau sel saraf asosiasi lainnya.
Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya
Neuron Intermediete/Konektor

Demikianlah artikel singkat mengenai Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya. Semoga bermanfaat, Sekian dan terima kasih. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

1 komentar:

  1. Masukin dong contoh reaksi tubuh terhadap kerja motorik dan asosiasi

    BalasHapus


EmoticonEmoticon