Kamis, 02 Juni 2016

Pengertian Umum Anggaran dan Tujuan Kebijakan Anggaran

Anggaran merupakan suatu rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu ( periode) tertentu di masa yang akan datang. Oleh karena rencana yang disusun dinyatakan dalam bentuk unit moneter, maka anggaran seringkali disebut juga dengan rencana keuangan. Dalam anggaran, satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting dalam arti segala kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang, sehingga dapat diukur pencapaian efisiensi dan efektivitas dari kegiatan yang dilakukan.

        Penganggaran merupakan komitmen resmi manajemen yang terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan, biaya dan beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang.

Manfaat Anggaran
        Dengan  penyusunan anggaran usaha-usaha perusahaan akan lebih banyak berhasil apabila ditunjang oleh kebijaksanaan-kebijaksanaan yang terarah dan dibantu oleh perencanaan-perencanaan yang matang. Perusahaan yang berkecenderungan memandang ke depan, akan selalu memikirkan apa yang mungkin dilakukannya pada masa yang akan dating. Sehingga dalam pelaksanaannya, perusahaan-perusahaan ini tinggal berpegangan pada semua rencana yang telah disusun sebelumnya. Di mana, bagaimana, mengapa, kapan, adalah pertanyaan-pertanyaan yang selalu mereka kembangkan dalam kegiatan sehari-hari. Apabila pada suatu kesempatan hal ini ditanyakan kepada seorang General Manager yang sukses, maka sering didapatkan jawaban bahwa ide-ide untuk kegiatan pada waktu mendatang pada umumnya didasarkan pada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas. Dalam perusahaan-perusahaan manufatktur ( pabrik) kegiatan akan dilakukan dengan lebih efisien  dan tingkat keuntungan akan lebih besar apabila management memperhatikan rencana untuk aktivitas-aktivitasnya di masa depan. Karena itu Heckerts dan Wilson mengatakan bahwa manfaat utama daripada business budgeting adalah dapat ditentukannya kegiatan-kegiatan yang paling profitable yang akan dilakukan.
Dalam pengertian kebijakan anggaran dan tujuan dari kebijakan tersebut yang jika diamati sangat memberikan dampak yang sangat bermanfaat bagi sektor-sektor dalam kehidupan ini misalnya saja sektor perekonomian, sektor pemerintahan dan dll. Pengertian kebijakan anggaran menurut definisi para ahli yang mengatakan bahwa pengertian kebijakan anggaran adalah suatu instrumen kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam rangka memengaruhi tingkat kegiatan ekonomi melalui pengendalian pajak dan pengeluaran pemerintah. Adapun Tujuan kebijakan anggaran seperti tema diatas yang dapat dilihat dibawah ini.

Tujuan Kebijakan Anggaran

Kebijakan anggaran memiliki tujuan sebagai berikut.
  • Menciptakan stabilitas ekonomi
  • Menciptakan lapangan kerja
  • Menciptakan keadilan dalam pendistribusian pendapatan 
  • Menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. 
  • Menciptakan terwujudnya keadilan sosial bagi masyarakat. 
Macam-Macam Kebijakan Anggaran

Macam-macam kebijakan anggaran, antara lain sebagai berikut.
  • Kebijakan anggaran berimbang
  • Kebijakan anggaran defisit
  • Kebijakan anggaran surplus
  • Kebijakan anggaran dinamis

Demikianlah artikel pembahasan tentang Pengertian dan Tujuan Kebijakan Anggaran. Semoga artikel tentang Pengertian dan Tujuan Kebijakan Anggaran dapat diterima dan dapat bermanfaat. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments


EmoticonEmoticon